Cari Blog Ini

Senin, 23 April 2018

DI BALIK LANGKAH JOYJOYA




kali ini saya akan menceritakan tentang diri saya sendiri bagaimana pejalanan hidup saya. Perhatian cerita ini di ambil dari kisah nyata ,cerita singkat berdirinya Joyjoya dan di tambah cerita sedikit receh banyak curhatnya ,supaya teman teman bahagia membacanya*


Assalamualaikum Wr Wb
Hai yarobunnnn ,sebelumnya kenalkan nama saya Nisa aulya Diniyah selaku Owner dari Joyjoya. saya masih muda ko sekarang 17y , masih imut imut bukan amit amit ,saya kelas 3 di SMKN 3 GARUT dan lagi sibuk sibuknya menghadapi ujian sekolah,UN, dan ujikom . Dan saya X disini saya selaku cameo kembaran nisa saya juga masih muda ko 7y + 8x = 12 ,saya kelas 4 di SMA MANA AJA OKE
N : dede lelah pingin cepet lulus’
X : “ya itusihh derita looo”
N : curhat dikit napa yaa‘  
X : “lu kalo udah curhat sebuku hutang juga ga kelar kelar ,jangan curhat mulu kita mulai aja ceritanya,cekidott”
Awalnya saya memutuskan untuk berwirausaha pada kelas 5 SD yaa masih belia untuk berwirausaha karena kebanyakan anak anak lain lebih memlih untuk bermain dan berlajar
N : tapi ga lehoan,cantik koo hahah’
X : “iya sii cantik tapi beli cimol ngasi uang gope minta kembaian serebu,baru juga sekalimat udah nongol lagi”
N : ‘eh iyaiya mianhe’
 Karna orang tua saya berwirausaha d bidang baju rajutan pastinya banyak orang yang order dan menjadi reseller datang ke rumah
N : ‘tapi belum pernah ada cogan yang datang kerumah terus nanyain aku );’
Banyak sekali anak sekolah yang datang ke rumah untuk berjulan di lingkungan rumah dan sekolahnya ,sejak saat itupun saya tertarik untuk berwirausaha .Sebelum menawarkan rajutan saya berjualan accessories handphone,pulsa,vocer pulsa makanan dan semuanya hampir pernah saya jual hingga ke baju rajutan
N : ‘sampe rumah,motor tv, juga saya  juall, hehe just kidding;v’
X : “berisik lu”
Awalnya sulit memang untuk menawarkan tapi seiring berjalannya waktu mulai terbiasa , itupun terus berlanjut sampai masuk SMP menawarkan dari mulut ke mulut
N : telinga ke telinga, mata ke mata,hati ke hati bersama mamah dedeh,dari mata turun ke hati
Karna saat itu belanja oline masih jarang peminatnya . Dari hasil berjualan pun saya mampu membeli android  jarang sekali orang orang memakai android karna itu saya sangat bangga . saya belum membuka onlineshop karena pada masa itu banyak owner yang tertipu oleh pembeli  .
Saat masuk SMK pun saya belajar tentang kewirausahaan pada saat itupun baru saya mencoba untuk berjualan online .
Pertama mulai mewarakan di BBM dan Facebook karena lagi jaman banget yang namanya BBM dan Facebook ,saat itu pun  hp saya rusak ,hp rusak bukan alasan untuk berhenti berjualan karena saya berusaha mengumpulkan uang untuk membeli hp, saya memakai hp android jadul
N : ‘yang penting bisa BBM dan Facebookan’
1 tahun bukanlah waktu yang sebentar mengumpulkan uang untuk membeli hp baru
Nama online shope yang di pakai pun saat itu ‘ICHASHOP’ , kenapa ICHASHOP?? Karena nama icha panggilan teman teman terdekat .Awalnya tidak begitu lancar karna tidak ada respond nya dari orang orang dunia maya saya pun tidak menyerah untuk menawarkan dan hasilnya sama saja sempat terpikir untuk berhenti tapi tarlanjur dan sayang jika berhenti
N : sama aja kaya hati aku ke kamu ga terhenti oleh waktu ); ‘
X : “curhat lagi”
ichashop

1 tahun berlalu saya pun membeli Hp yang keduakalinya memakai uang saya lalu saya mendengar dari teman teman sering berbelanja di instragram termotivasilah membuka toko di instagram karna nama ICHASHOP sudah terlalu pasaran terlintaslah nama ‘JOYJOYASTORE’ kenapa JOYJOYASTORE??? Pertamanya dari kata JOYA nama panggilan keluarga
X : “jauh jauh dari nisa ke joyaa??”
 Kata nene saya waktu saya kecil film india lagi musim terus ada pemain yang namanya Joya mirip sama saya jadilah Joya dan sampai saat ini pun saya tidak tahu muka artis yang namanya Joya itu ;’v biarlah Allah,nene,dan pemain itu yang tau
X : pengen ketawa sama nampol sayah ’
N : ‘yaudah ketawa aja apa susahnya ,nampol nampol raray muuu’




JOYJOYASOTORE berdiri pada tanggal 10 januari 2k17. Seperti bisa awal awal pun hasilnya masih nihil tetapi lama ke lamaan pun ada orang yang respond
Joyjoyastore



N : akhirnya ya tuhan setelah bertahun tahun’
Saya pun bertransaksi masih memakai ATM ibu saya karna belum punya KTP
X : iaah masih 15 tahun masih bau kencur”
N : ‘apaan sii ngomen mulu, aduh maaf ya yarobun saya gini kalo lagi laper .... laper kasih sayang maksudnya ;v
X  : “mulai deh”
Semakin lama pun meningkat karena banyaknya testimoni, saya pun berkembang
N : bukan berkembang biak ya tapi meningkat dalam penjualan‘
Saat itupun saya mengumpulkan uang kembali dengan uang hasil sendiri terkabul lah doa saya hingga membli laptop ini
Setelah sukses di instagram saya pun buka toko di Tokopedia,shopee, dan blog ini . Hasilnya beum seramai di instagram mungkin masih banyak orang yang belum tahu
X : tahu pake tempe sambel terasi tambah asin enak tuhh” .
Saya pun tidak menyerah begitu saja karena saya percaya bahwa di Tokopedia , Shopee , dan blog ini pun pasti akan meningkat seiringnya waktu dan usaha . Peningkatan usaha pun terjadi di akhir tahun 2k17 dan awal tahun 2k18,tidak sedikit juga orang orang dari pulau tetngga yang memesan seperti Sumatra , Kalimantan sampai ke Bali pun banyak pun kota kota lainnya
pengiriman pertama keluar kota

Selain peningkatannya pesanan banyak juga teman teman yang berminat menjadi reseller selain teman teman orang orang dunia maya pun banyak yang berminat untuk menjadi reseller. Selain baju rajutan pun saya menjual Produk NUSKIN .



 Semoga di tahun 2k18 keinginan saya untuk membeli mesin jahit pun tercapai sehingga bisa mengambangkan produk lain di JOYJOYA aamiin .
N : ‘maunya sih beli motor juga ... maunya moga aja ada keajaiban tiba tiba ada orang yang ke rumah ngasih motor sama cogan nya sekalian kalo bisa sama keluarganya sekalian’
X : “gausah ngehayal deh mau beres nihh dari tadi cogan mulu,masih mudah minta di tikah huuuu “
N : ‘giliran di kasih cogan pasti paling depan,siapa yang tau kan jodo maa allah yang ngatur,dari pada jadi perawan tua’
X : “suka suka dong ko lu jadi curhat sii ,ihh amit amit perawan tua udah lah keriting ni jari ngetik mulu”
N : ‘yaudah .. lu yang ngomen dulu dari awal wle ;p ,inikan cerita perjalanan berdirinya joyjoya,emang lu siapa?’
X : “Eh iya yaa gue siapa ?”
N : ‘jangan jangan lu hantu? kaburrrrrrr’
X ; ‘gue bukan hantu gue cuma cameo.’ Yaudah yarobun dari pada cerita gue sama si nisa kelajutan sampe ngabisin 50 lembar mending kalian cek aja produk joyjoya di bawah ini!!!
Produknya bisa cek di :
Facebook : Nisa aulya diniyah II dan halaman Joyjoyasore
Tokopedia : Joyjoyastore
Shopee : Joyjoyastore
Instagram : Joyjoya_
Berminat atau tanya tanya bisa chat
Whatsapp : 08996831068
No tlp : 089674138558
Line : nisaad9
Instagram : nisaaulyadiniyah
Facebook : Nisa aulya diniyah II
Harapan di taun ini dan taun depan dan seterusnya
1.      Peningkatan dalam pemesanan
2.      Lebih banyak orang orang yang bermina menjadi reseller
3.      Tersebar di seluruh indonesia
4.      Bertambahnya produk selain rajutan misalnya tas , sepatu,baju lainnya
5.      Terus berkembang dan panjang umur sehat selalu
6.      Dan intiya semoga usaha ini di ridhoi dan di mudahkan oleh Allah SWT
X : “Dan harapan pelanggan pun pastinya banyak diskon dan hadiah yaaa”
N : ‘sudah kuduga hmm’
            Kurang lebihnya seperti itulah rintik hujan perjalaan Joyjoya dan serita singkatnya jika di ceritakan semuanya bisa bisa keriting kaya indomie jari saya ,sudah satu tahun JOYJOYA berdiri tetapi jika di simak sudah 7 tahun saya berkecimpung di dunia wirausaha ini. Meskipun beningkatnya baru satu tahun tapi saya bahagia karena saya mampu bertahan di dunia wirausaha ini mungkin masih kurangnya usaha saya ,tidak sedikit pula online shop yang lebih maju dari pada saya karna mereka sangat berusaha dan semangat dalam mengembangkan usahanya.

Sedikit tambahan :

 ‘lama juga ya di dunia wirausaha ga bosen gitu ka?’
-          setitik pun tidak ada kata atau rasa bosan untuk berwirausaha ,jika kata lelah pernah tersirat tetapi selah di pikir pikir saya tidak mau lelah itu hingga menghentikan saya untuk meninggalkan dunia wirausaha

‘ cita cita kaka jadi entrepreneur ya?’
-          haha engga ko cita cita saya bekerja di pebuhan/bandara dan menjadi istri sholehah

‘loh ko wirausaha kak?’
-          tadi saya udah bilang karna saya tertarik dengan dunia wirausaha setelah lama kelamaan pun menjadi sangat nyaman ada di dunia wirausaha ini

‘kaka kan udah punya pengalaman jadi entrepreneur kenapa ga di terusin aja sampe nanti kan kalo udah sukses gajihnya lebih besar dari bekerja biasa dan juga bisa menjadi istri sholehah kaena bekerja di rumah hanya mengandalkan dengan laptop dan handphone’

-          tidak ada yang tahu kedepannya seperti apa lebih maju ‘aamiin’ atau malah menurun ‘ihh amit amit’ tapi saya sebagai remaja yang akan memasuki dewasa pasti kebuthuan pun akan meningkat karena hanya mengandalkan dari onlineshope tidak akan cukup dan pasti masih akan mengandalkan dari orang tua jika kita bekerja sambil berwirausaha setidaknya kita mempunyai pekerjaan tetap dan penghasilan yang cukup,betul jika sudah menikah pun saya pasti meninggalkan pekerjaan dan hanya akan berwirausaha karena saya pun nanti punya tanggung jawab dan kewajiban untuk mengurus suami dan anak memang masih panjang perjalanan saya untuk menikah tetapi saya pun mempunyai planing untuk itu

‘apasih rahasia di balik semangat kaka hingga sejauh ini’
-          pastinya keinginan kita sendiri, dukukangan dari orang tua dan teman dan ridha dari Allah

‘bagaimana ka mengajak generasi muda untuk menumbuhakan rasa berwirausaha dan apa manfaat dari berwirausaha?’
-          kita beri motivasi bahwa dunia wirausaha pun menyenangkan kita bisa mendapat kan uang dari hasil jerih payah kita sendiri jika nanti kita sudah mendapat hasil dari apa yang kita usahakan pasti kita akan menggunakannya dengan bijak,dan pada saat dunia kerja pun kita akan terbiasa menghadapi orang orang dengan berbagai sifat,pikiran dan menjalin tali silaturahmi kita bisa mengenal berbagai macamorang dari kota kota lain dan saling bertukar informasi,dunia wirausaha pun tidak sekeras yang di pikirkan jika kita enjoy maka semuanya tersa menyenangkan,dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang belum mendapat pekerjaan,banyak bukan manfaatnya?

‘setelah kaka sukses nanti apa yang akan kaka lakukan planing kedepanya dan pesan bagi orang orang’
-          jika saya sukses nanti saya ingin sekali menaikan haji kedua orang tua, menaikan derajat kedua orang tua dan pasti saya akan menjalankan hidup dengan sebaik mungkin yang akan bermanafaat bagi yang lain,pesan bagi teman teman semua akan sukses pada waktunya yang di iringi dengan berdoa,berusaha,dan bersyukur jangan lupakan pencipta yang telah memberikan kemudahan bagi kita sekalian dan jangan lupa untuk berinfak yaitu menyisihkan sedikit uang dari apa yang kita peroleh karna semua harta ini adalah titipan yang maha kuasa bagi kita jangan pernah serakah untuk hal apapun . jika kita berusaha maka apapun yang kita ingin kan pasti tercapai ingatlah usaha tidak akan mengecewakan hasil . teruslah semangat jangan pernah menyerah . Faighting!!!

‘pertanyaan terakhir ka kenapa di atas ada obrolan yang unfaedah jadi kita ga terlalu fokus ke ceritanya malah penasaran sama obrolan N dan X yang menyimpang dari cerita itu?sekalian kenapa ga bikin cerita berunsur komedi aja jadi di pisah antara cerita ini dan obrolannya , kenapa juga harus N dan X si ,kenapa ga pake nama orang,teman,ade atau obrolan sama ibu kaka itu malah lebi bagus dari pada obrolan yang unfaedah itu?di tambah ceritanya sedikit banget kalo di pikir pikir
-          Akhirnya pertanyaan terakhir , sabar sabar panjang panjang amet pertanyaannya saya cape ngetik lohh ini jari udah keriting. Oke saya jawab deh kenapa ada obrolan yang unfaedah ? alesannya  kebanyakan anak muda sekarang malas untuk membaca sejarah berdirinya wirausaha wirausaha yang sukses dari bawah,maka dari itu saya membuat cerita ini meski usaha saya belum sukses dan pasti akan sukses aamiin, karna mereka terlalu asyik membaca komik,watpad,webtoon ‘cerita tahilalats seru tuh ngakak apalagi pasutri gaje’ .jadi saya memasukan cerita berunsur geje ke dalam cerita saya  supaya lebih menarik. Yang kedua si pembaca tidak fokus untuk membaca cerita terimakasih atas masukannya saya akan usahakan di cerita selanjutnya saya sudah bilang tujuannya untuk menarik si pembaca. Yang terakhir kenapa pake dan . ‘N’ itu nisa ,dan ‘X’ itu abjad yang sering muncul di pelajaran matematika yang selalu ingin di pecahkan masalahnya karena saya sudah pusing memecahkan X itu,dan saya memakai X di cerita ini sebagai cameo,kenapa ga teman,saudara/ibu karena saya saya akan pakai di cerita selanjutnya ,sengaja saya masukan sedikit karena ini permulaan jika langsung panjang takutnya si pembaca bosan untuk membacanya

‘ka ka saya mau nanya lagi’
-          Udah udah saya mau pulang lupa jemuran belom di angkat cape ngetik terus ,mau nanya nanya atau ngasih saran email saya aja ke ‘nisaad45@gmail.com’okeyy

.
.
.
Terimakasih kepada
Allah SWT
Orang tua
kerabat
Teman teman
Dan pasti pada diri saya sendiri
Yang telah senantiasa mendukung dari awal sampai nanti
.
.
.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf karena saya masih dalam tahap pembelajaran kebenaran datangnya dari Allah kesalahan datangnya dari si X karena sampai saat ini pun saya pusing dalam memecahkan si X. Mohon kritik dan saran untuk kedepannya  . Sampai jumpa di lain waktu semoga kita di berikan umur yang panjang hingga bisa bertemu lagi aamiin ,, Dadahhhhhh

      Wassalamualaikum Wr Wb






Tidak ada komentar:

Posting Komentar